MEDIA MERUPAKAN SAHABAT GURU DAN SISWA
Oleh
Winda Faidatul Nurhasanah
120210103045
Mata Kuliah Bahasa Indonesia Kelas A
Abstrak
Media
pembelajaran merupakan bagian yang penting dalam sistem pembelajaran. Dengan
media pembelajaran proses belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar dan
efektif karena media pembelajran menyediakan banyak metode dan jenis-jenis
media. Media pembelajaran yang diberikan oleh guru harus sesuai dengan materi
yang akan disampaikan. Selain itu guru harus menyesuaikan media yang digunakan
dengan daya tangkap siswa, sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan
maksimal. Dengan itu siswa dapat memperoleh hasil yang maksimal. Media
pembelajaran memiliki tujuan terhadap proses pembelajaran untuk meningkatkan
daya kretivitas dan keaktivan siswa dalam proses pembelajaran. Setiap siswa
memiliki karakteristik yang berbeda dalam hal menangkap materi yang
disampaikan. Media pembelajaran sangat bermanfaat bagi guru dan siswa karena
dengan media pembelajaran siswa dan guru dapat dengan mudah menjalankan proses
pembelajaran dan dapat mencapai tujuan yang diinginkan.
Kata
kunci: Media pembelajaran, manfaat media, tujuan media pembelajaran.
A.
Pendahuluan
Pendidikan adalah usaha sadar dan sistematis, yang diakukan oleh
orang-orang yang diserahi tanggung jawab untuk mempengaruhi peserta didik yang
mempunyai sifat dan tabiat sesuai cita-cita pendidikan ( Daryanto, 2010:1).
Pendidikan adalah menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu,
aagar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapatlah mencapai
keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya (Wahyudin, Dinn, 2011).
Di era modern ini sistem
pembelajaran semakin canggih oleh karena itu guru harus selalu mengikuti zaman
agar proses pembelajaran sesuai dengan kondisi yang terjadi. Kecenderungan
pembelajaran yang membosankan sering terjadi di dunia pendidikaan. Hal tersebut
terjadi karena cara penyampaian dari guru terlalu monoton sehingga murid merasa
bosan. Dampak dari terjadinya rasa bosan sangat berbahaya kaaren hasil dari
proses pembelajaran tidak akan maksimal.
Media pembelajaran merupakan bagian integral dalam sistem
pembelajaran (Sumiati dan Asra, 2007: 159). Kata media merupakan bentuk jamak
dari kata medium. Medium dapat didefinisikan sebagai perantara atau pengantar
terjadinya komunikasi dari pengirim menuju penerima. Proses belajar mengajar
merupakan proses komunikasi, penyampaian pesan dari pengantar ke penerima.
Pesan yang disampaikan berupa isi atau ajaran yang dituangkan ke dalam
simbol-simbol komunikasi baik secara verbal maupun nonverbal
(Daryanto, 2011:4).
Usaha membuat pembelajaran lebih konkrit menggunakan media
pembelajaran. berbagai jenis media memiliki kegunaan masing-masing (Sumiati dan
Asra, 2007: 160). Media pembelajaran sangat bermanfaat bagi siswa karena dapat
meningkatkan daya tangkap siswa terhadap materi yang disampaikan. Selain itu
media pembelajaran juga bermanfaat bagi guru karena guru dapat dengan mudah
memberikan materi dan menunjukan materi yang konkrit.
Dalam artikel ini akan dibahas tentang definisi media pembelajaran,
macam-macam media pembelajaran, syarat-syarat pembuatan media pembelajaran,
penggunaan media pembelajaran, fungsi media pembelajaran tujuan adanya media
pembelajaran dan manfaat media pembelajaran bagi guru dan siswa.
Artikel ini dibuat bertujuan memberikan informasi kepada pembaca agar
mengetahui definisi dari media pembelajaran, macam-macam media pembelajaran,
syarat-syarat pembuatan media pembelajaran, penggunaan media pembelajaran, fungsi
media pembelajaran, tujuan adanyaa media pembelajaran dan manfaat media
pembelajaran bagi guru dan siswa.
B.
Pembahasan
1.
Definisi media pembelajaran
Media pembelajaran
merupakan bagian yang penting dalam sistem pembelajaran. Media pembelajaran dapat
diartikan sebagai sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan,
merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga dapat
mendorong proses belajar. Pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran
tidak hanya sekedar menggunakan kata-kata (symbol verbal). Dengan
demikian, dapat kita harapkan hsil pengalaman belajar lebih berarti bagi siswa.
Ada beberapa tinjauan
tentang landasan penggunaan media pembelajaran yaitu:
1.
Landasan
Filosofis
Dengan adanya berbagai macam media pembelajaran, siswa dapat
mempunyai banyak pilihan untuk menggunakan media pembelajaran sesuai dengan
karakteristik siswa itu sendiri. Dengan demikian siswa akan lebih bebas untuk
menentukan pilihan dan mudah memahami materi yang dipelajari.
2.
Landasan
Psikologis
Kajian psikologi menyatakan bahwa siswa akan lebih mudah
mempelajari hal-hal yang konkrit daipaa hal yang abstrak. Dengan adanya
keberagaman dalam proses belajar dan ketepatan memilih media pembelajaran yang
sesuai dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
3.
Landasan
Teknologis
Teknologi pmbelajaran meupakan proses kompleks yang melibatkan
orang, prosedur, ide, peralatan dan organisai untuk menganalisis masalah,
mencari pemecahan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengelola pemecahan
masalah dalam siuasi di mana kegiatan
belajar mempunyai tujuan dan terkontrol.
4.
Landasan
Empiris
Siswa akan mendapat keuntungan yang signifikan jika ia belajar
dengan menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan krakterisik atau tipe
belajarnya karena siswa dapat lebih memahami apa yang dimaksudkan dari materi
yaang dipelajari.
Berdasarkan
landasan rasional empiris, pemilihan media pembelajaran seharusnya tidak
ditentukan oleh kesukaan guru saja namun harus melihat dan menyesuaikan antara
materi yang sedang diajarkan dengan media itu sendiri. Kesesuain materi dan
media pebelajaran yang digunakan akan lebih memudahkn siswa dan guru dalaam
proses belajar mengajar.
2.
Macam-macam media pembelajaran
Media pembelajaran sangat beraneka ragam. Oleh karena itu media
pembelajaran diklasifikasikan berdasarkan ciri-ciri tertentu yaitu:
a.
Berdasarkan
kemampuan inderanya dibedakan menjadi 3 yaitu:
·
Media
audio
Media
audio merupakan media pembelajran yang menggunakan indera pendengaran, karena
media ini menghasilkan bunyi. Media ini sangat cocok untuk siswa yang memiliki
tipe belajar yang cenderung suka mendengarkan. Dengan adanya media audio ini maka
siswa yang memiliki tipe belajar yang suka mendengarkan akan lebih mudah
memahami materi yang dipelajari.
·
Media
visual
Media
visual merupakan media pembelajaran yang menggunakan indera penglihatan, karena
media ini menghasilkan suatu rupa atau bentuk. Media ini sangat cocok untuk
siswa yang memiliki tipe belajar yang cenderung suka melihat. Dengan adanya
media visual ini maka siswa yang suka melihat akan lebih mudah memahami materi
yang dipelajari.
·
Media
audio visual
Media
audio visual merupakan gabungan dari media audio dan media visual jadi media
audio visual menggunakan kemampuan indera pendengaran dan penglihatan. Dengan
media audio visual ini proses penyampaiaan materi akan lebih efektif.
b.
Berdasarkan
kemampuan liputannya, dibedakan menjadi 2 yaitu:
·
Media
pembelajaran dengan kemampuan liputan yang luas. Media jenis ini dapat
menjangkau tempat atau wilayah yang lebih luas dengan jumlah siswa yang banyak.
Dengan media ini maka siswa dapat mempelajari hal-hal yang lebih luas dan dapat
mengikuti perkembangan.
·
Media
pembelajaran dengan kemampuan liputan yang terbatas. Media jenis ini hanya
menjangkau wilayah yang sempit dan ruangan tertentu dengan jumlah siswa yang
terbatas.
c.
Berdasarkan
dimensinya, dibedakan menjadi 2 yaitu:
·
Media
2 dimensi merupakan media yang mempunyai 2 ukuran yaitu panjang dan lebar.
Media 2 dimensi ini dapat berupa media bentuk papan, dan media cetak. Pada
media bentuk papan dan media cetak hanya dapat menampilkan hal yang memiliki
panjang dan lebar saja.
·
Media
3 dimensi merupakan media yang mempunyai minimal 3 ukuran yaitu panjang, lebar
dan tinggi. Media 3 dimensi ini dapat berupa model (benda yang menyerupai
aslinya) dan realia (benda asli).
Dengan media 3 dimensi siswa akan lebih mudah memahami karena
materi yang dibicarakan memiliki contoh yang mirip dengan aslinya. Tidak hanya
siswa yang memiliki keuntungan, namun guru juga dpat lebih mudah menyampaikan
materi yang sedang diajarkan dengan contoh yang mirip dengan aslinya.
Media pembelajaran sangat menguntungkan bagi guru dan siswa. Dengan
media pembelajaran dapat memudahkan guru untuk menyampaikan informasi atau
materi kepada siswa dan siswa dapat lebih mudah mengerti atau memahami materi
yang disampaikan oleh guru sehinga dapat memaksimalkan hasil yang akaan
dicapai.
3.
Syarat-syarat pembuatan media pembelajaran
Pembuatan media pembelajaaran yang akan digunakan harus
memperhatikan dan memenuhi syarat-syarat tertentu yaitu:
a.
Faktor
Edukatif
Faktor
edukatif ini meliputi ketepatan daan kesesuaian media pembelajaran yang
digunakan dengan kompetensi yang telah ditetapkan sesuai dengan kurikulum yang
berlaku. Pembuatan media pembelajaran harus sesuai dengan tingkat kemampuan
atau daya pikir siswa agar dapat mendorong kretivitasnya. Hal tersebut penting
karena jika media pembelajaran yang dibuat tidak sesuai dengan daya pikir siswa
maka kreativitas dan keaktivan siswa tidak akan berkembang dan akan mengalami
kesulitan dalam memahami materi pembelajaran. Jika hal itu terjadi maka siswa
tidak akan mencapai keberhasilan dan guru akan dianggap gagal dalam
menyampaikan materi pembelajaran.
b.
Faktor
Teknik Pembuatan
Faktor
teknik pembuatan ini meliputi kebenaran atau tidak menyalahi konsep ilmu
pengetahuan, bahan dan bentuknya kuat, tahan lama dan lwes (fleksibel) sehingga
dapat dikombinasikan dengan alat atau media pembelajaran lainya. Jadi, media
pembelajaran yang satu dapat digabungkan dengan media pembelajaran lainnya,
namun media pembelajaran tersebut harus sesuai satu dengan yang lainnya.
c.
Faktor
Keindahan (Estetika)
Faktor
keindahan ini meliputi bentuk yang estetis, ukuran serasi dan tepat dengan
kombinasi warna yang menarik. Dengan bentuk yang estetik dan warna yang menarik
dapat menarik perhatian siswa untuk menggunakan dan memahami media tersebut.
Jadi siswa dapat menjalani proses pembelajaran dengan baik sehingga mendapatkan
hasil yang maksimal. Guru juga dapat memberikan inovasi yang baru mengenai cara
mengajar dengan menggunakan media pembelajaran.
4.
Penggunaan media pembelajaran
Penggunaan media pembelajaran sangat bervariasi karena media
pembelajaara dapat digunakan dimana saja sesuai kebutuhan. Penggunaan media
pembelajaran harus sesuai dengan kondisi di maana media tersebut digunakan,
agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan maksimal sesuaai tujuan yang
diharapkan. Dilihat dari variasi penggunaannya, media pembelajaran dapat
digunakan secara perseorangan, kelompok dan siswa dalam jumlah banyak (masal).
Media dapat digunakan secara perorangan
Media dapat digunakan oleh seseorang senirian saja (individual
learning). Media seperti ini biasanya dilengkapi dengan petunjuk penggunaan
yang jelas sehingga orang dapat melakukannya sendiri. Jadi dengan adanya
petunjuk yang telah disediakan seseorang yang akan menggunakan media tersebut
dapat mengetahui dan mengerti cara-cara penggunaanya beserta tujuan yang akan
dicapai. Media jenis ini tidak efektiv karena jika seseorang mengaalami
kesulitan maka dia tidak dapat berdiskusi sehingga harus memecahkan masalah itu
sendiri tanpa bantuan orang lain.
Media dapat digunakan secara berkelompok
Media
jenis ini dapat digunakan dalam kelompok kecil maupun besar. Dalam kelompok
kecil beraanggotakan 2 sampai 8 orang. Sedangkan dalm kelompok besar
beranggotakan 9 sampai 40 orang. Keuntungan dari media ini yaitu dapat
melakukan diskusi jika terdapat masalah yang timbul. Media yang digunakan
secara berkelompok harus memenuhi beberapa persyaratan, yaitu:
·
Suara
yang disajikan oleh media itu harus cukup keras. Hal ini perlu diperhatikan
karena dalam berkelompok terdiri dari beberapa orang sehingga suara yang
dihasilkan media harus keras agar semua anggota dapat memahami materi yng
dipelajari.
·
Gambar
atau tulisan dalam media tersebut harus cukup besar. Gambar dan tulisan ini
berpengaruh karena jika tulisn dan gambar kecil maka anggota kelompok akan
mengalami kesulitan dalam memahami materi yang dilihat.
·
Perlu
alat penyaji yang dapat memperkeras suara dan membesarkan gambar. Alat penyaji
ini perlu karena dapat memudahkan anggota kelompok dalam memahami materi yang
ada dalam media pembelajaran.
Media yang digunakan secara masal
Media ini dapat
digunakan oleh puluhan bahkan ratusan orang dan dapat digunakan secara
bersama-sama. Media yang dirancang seperti ini biasanya disiarkan oleh pemancar
seperti radio, televisi dan sebagainya. Media yang digunakan secara masal ini
biasanya disiarkan pada televisi edukasi.
5.
Fungsi Medi Pembelajarn
Media pembelajaran
memilki banyak fungsi dalam proses pembelajaran, yaitu :
·
Pemusat perhatian siswa
· Menggugah emosi siswa
· Membantu siswa memahami materi pembelajaran
· Membuat pembelajaran menjadi lebih kongkret
· Mengurangi kemungkinan pembelajaran yang melulu berpusat pada guru
· Mengaktifkan respon siswa
6. Tujuan dari adanya media pembelajaran antara lain, yaitu:
1) Memberikan kemudahan kepada peserta didik untuk lebih memahami konsep, prinsip, dan ketrampilan tertentu dengan menggunakan media yang paling tepat menurut sifat bahan ajar.
2) Memberikan pengalaman belajar yang berbeda dan bervariasi sehingga lebih merangsang minat dan motivasi peserta didik untuk belajar.
3) Menumbuhkan sikap dan ketrampilan tertentu dalam teknologi karena peserta didik tertarik untuk menggunakan atau mengoperasikan media tertentu.
4) Menciptakan situasi belajar yang tidak dapat dilupakan peserta didik.
5) Memperjelas informasi atau pesan pembelajaran.
6) Meningkatkan kualitas belajar mengajar.
7.
Media pembelajaran memiliki
manfaat bagi guru dan siswa antara lain, yaitu:
·
Manfaat media pembelajaran
bagi guru antara lain:
1. Dapat menjelaskan materi pembelajaran atau obyek yang abstrak
menjdi konkrit. Dengan media pembelajaran maka guru dapat lebih mudah
menjelaskan materi pembelaajaran kepada siswa
2. Mempermudah dan mempercepat guru menyajikan materi pembelajaran
sehingga siswa dapat mengerti. Dngan bantuan media pembelajaran guru dapat
dengan mudah menyampaikan materi.
3. Mengatasi keterbatasan waktu, ruang daan indera
a. Mengatasi keterbatasan ruang
Guru dapat
menjelaskan materi pembelajaran yang berupa objek yang terlalu besar dengan
membawa maket atau bangunan yang lebih kecil.
b. Mengatasi keterbatasan waktu
Guru dapat
menjelaskan materi pembelajaran yang sudah terjadi di masa lalu dngan
menggunkan media televisi atau rekaman
c. Mengatasi keterbatasan indera
Guru dapat membantu
siswa dalam memberikan materi tentang hal-hal yang sangat kecil atau yang
sangat besar dengan menggunakan media mikroskop. Selain itu guru dapat
mempermudah siswa mempelajari hal-hal yang gerakannya terlalu cepat
·
Manfaat media pembelajaran
bagi siswa antara lain:
1. Siswa dapat mempelajari materi yang telah dipelajari secara
berulang-ulang.
2. Siswa dapat belajar secara individual, kelompok dan klasikal.
Media pembelajaran yang di buat oleh guru bisa digunakan oleh siswa secara
individu agar lebih mudah dipahami.
3. Materi pembelajaran akan mudah diingat dan mudah diungkapkan
kembali oleh siswa. Semakin banyak indera yang digunakan maka materi yang
disampaikan akan semakin lama diingat dan dipahami.
C. Penutup
Media
pembelajaran merupakan bagian yang penting dalam sistem pembelajaran. Media
pembelajaran dapat diartikan sebagai sesuatu yang dapat digunakan untuk
menyalurkan pesan, merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa
sehingga dapat mendorong proses belajar.
Terdapat bermacam-macam media pembelajaran
antara lain:
1. Media
pembelajaran berdasarkan kemampuan inderanya
2.
Media
pembelajaran berdasarkan kemampuan liputannya
3.
Media
pembelajaran berdasarkan dimensinya
Pembuatan media pembelajaaran yang akan digunakan harus
memperhatikan dan memenuhi syarat-syarat tertentu yaitu faktor edukatif faktor
teknik pembuatan dan faktor keindahan (Estetika). Media pembelajaran dapat
digunakan secara perseorangan, kelompok dan siswa dalam jumlah banyak (masal).
Tujuan
dari adanya media pembelajaran antara lain, yaitu:
1.
Membangun
komunitas berbasis pendidikan kreatif.
2.
Mengembangkan
berbagai alternatif media sederhana yang kreatif dan berkesinambungan.
3.
Membangun
jaringan kerja dalam upaya mengembangkan berbagai media alternatif yang
kreatif, sederhana dan murah.
·
Manfaat media pembelajaran
bagi guru antara lain:
1. Dapat menjelaskan materi pembelajaran atau obyek yang abstrak
menjdi konkrit.
2. Mempermudah dan mempercepat guru menyajikan materi pembelajaran
sehingga siswa dapat mengerti..
3. Mengatasi keterbatasan waktu, ruang daan indera
·
Manfaat media pembelajaran
bagi siswa antara lain:
1. Siswa dapat mempelajari materi yang telah dipelajari secara
berulang-ulang.
2. Siswa dapat belajar secara individual, kelompok dan klasikal.
3. Materi pembelajaran akan mudah diingat dan mudah diungkapkan
kembali oleh siswa.
Dengan
adanya media pembelajaran diharapkan guru dapat lebih kreatif dalam
menyampaikan materi kepada siswa. Selain itu guru juga harus mengetahui
karakteristik daya tangkap dari siswa agar dapat menyesuaikan dengan media yang
akan dibuat agar proses pebelajaran lebih maksimal dan siswa dapat memahami
dengan baik dan dapat diingat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar