
Pancasila
Sebagai Landasan Pendidikan Karakter
Materi diskusi
kuliah Umum Pancasila
rabu pukul 18:00
ruang 1
disusun oleh:
Winda Faidatul
Nurhasanah (120210103045)
UNIVERSITAS
JEMBER
Semester gasal 2012/2013
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kehadirat Allah SWT karena rahmat-Nya lah kelompok kami dapat
menyelesaikan makalah ini. Terimakasih kami ucapkan kepada bapak Azdkiyah yang telah membimbing kami sehingga
makalah ini dapat kami selesaikan. Serta terimah kasih pula kepada rekan-rekan
yang telah membantu secara langsung maupun tidak langsung dalam menyelesaikan
makalah ini.
Makalah bejudul “Pancasila Sebagai Landasan Pendidikan Karakter” ini, kami susun dengan tujuan untuk memenuhi tugas
mata kuliah Pancasila.
Kami
sadar bahwa “Tiada Gading yang Tak Retak”, begitu pula dengan tugas makalah ini
masih jauh dari sempurna. Maka dari itu kami mengharapkan kritik dan saran yang
membangun agar makalah ini dapat mendekati sempurna.
Jember, 10
Oktober 2012
Penyusun
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Sesuai Undang-Undang Nomor 20 Tahun
2003, definisi pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan
suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara afektif
mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan keagamaan, kepribadian,
kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan untuk dirinya,
masyarakat dan negara. Kondisi pendidikan saat ini mengalami kemrosotan sosial contohnya
saja banyak terjadi tawuran antar pelajar yang mengakibatkan jatuhnya korban, sehingga
perlu diberikan pendidikan berkarakter untuk mengembalikan citra pendidikan
sesuai hakikat pendidikan yang sebenarnya. Salah satu pendidikan yang bernilai
karakter yaitu memasukkan nilai-nilai pancasila, sebab dalam pancasila
mengandung berbagai nilai yang dapat membangun karakter objek pendidikan yaitu
pelajar memiliki karakter yang lebih bermoral.
1.2 Rumusan Masalah
1.
Apa
arti pendidikan karakter ?
2.
Bagaimana
peran pancasila sebagai landasan pendidikan karakter ?
3.
Apa
ciri-ciri karakter bangsa Indonesia ?
1.3 Tujuan dan Manfaat
1.
Menguraikan
definisi dari pendidikan karakter
2.
Mengetahui
peranan dari pancasila di dalam pendidikan karakter
3.
Mengetahui
ciri-ciri dari karakter bangsa Indonesia
BAB 2
PEMBAHASAN
2.1 Pancasila Sebagai Landasan
Pendidikan Karakter
Melalui pendidikan yang berbasis pada
nilai-nilai luhur Pancasila, para generasi muda akan dapat menjadi warga negara
yang baik yang mampu memahami hak dan kewajibannya, memahami ideologi negara
secara utuh dan benar. Melalui pendidikan karakter berbasis Pancasila ini, para
generasi muda mampu menjadi warga negara
Indonesia yang baik, cerdas, terampil, dan berkarakter sesuai dengan Pancasila
dan UUD 1945.
Pendidikan karakter mengajarkan
kebiasaan cara berpikir dan perilaku yang membantu individu untuk hidup dan
bekerja sama sebagai keluarga, masyarakat, dan bernegara dan membantu mereka
untuk membuat keputusan yang dapat dipertanggungjawabkan. Dengan kata lain pendidikan karakter mengajarkan
bangsa ini, pemuda negeri ini, untuk berpikir cerdas sehingga mampu mengatasi
berbagai macam masalah baru yang ada, meningkatkan kemampuan untuk berbaur
dengan bangsa lain dengan tetap mempertahankan identitas dan budaya bangsanya.
Pancasila
mempunyai tujuan yang salah satunya yaitu sebagai pandangan hidup bangsa. Bahwa
nilai-nilai Pancasila harus selalu dijadikan landasan pokok dalam berpikir dan
berbuat, dan hal ini mengharuskan bangsa Indonesia untuk merealisasikan
nilai-nilai Pancasila itu kedalam sikap dan perilaku baik dalam perilaku hidup
bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Salah satunya dengan menerapkan
pendidikan berkarakter. Dengan berlandaskan pancasila maka tingkah laku kita
akan terlindungi dari hal-hal yang tidak sesuai dengan pancasila, dikarenakan
saat ini sudah berkembang tentang kenakalan remaja dalam masyarakat seperti
perkelahian masal (tawuran). Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Pendidikan
Nasional pada pasal 3, yang menyebutkan bahwa pendidikan nasional berfungsi
mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban bangsa yang
bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Hal tersebut juga
terdapat pada pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 alinea 4.
Pendidikan karakter tidak saja merupakan
tuntutan Undang-Undang dan peraturan pemerintah, tetapi juga oleh agama. Hal
itu dicerminkan dari sila pertama yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa. Pembangunan
karakter bangsa mempunyai tujuan yang salah satunya yaitu untuk mengembangkan
karakter bangsa sehingga mampu mewujudkan masyarakat yang ber-Ketuhanan Yang
Maha Esa, berkemanusiaan yang adil dan beradab, berjiwa persatuan Indonesia,
berjiwa kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam
permusyawaratan perwakilan, serta berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat
Indonesia.
Sebagai bangsa Indonesia kita harus mempunyai
karakter yang sesuai dengan pancasila, jadi setiap aspek karakter yang diberikan
harus dijiwai oleh ke lima sila Pancasila secara utuh. Pendidikan karakter pada dasarnya dapat diberikan
dalam setiap pembelajaran. Materi pembelajaran yang berkaitan dengan pancasila
perlu dikembangkan antara lain materi tentang norma atau ilai-nilai sehingga
karakter seseorang yang sesuai dengan pancasila dapat dibentuk dari proses
pembelajaran.
Membangun karakter adalah suatu
proses atau usaha yang dilakukan untuk membina, memperbaiki dan atau membentuk
tabiat, watak, sifat kejiwaan, ahlak (budi pekerti), insan manusia (masyarakat)
sehingga menunjukkan tingkah laku yang
baik berdasarkan nilai-nilai Pancasila.
2.2 ciri-ciri
karakter bangsa indonesia
Bangsa Indonesia memiliki ciri-ciri karakter antara lain:
1.
Saling menghormati & saling menghargai
2.
Ada rasa kebersamaan & tolong menolong
3.
Ada rasa persatuan dan kesatuan sebagai suatu
bangsa
4.
Ada rasa peduli dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa & bernegara
5.
Adanya moral, ahlak yang dilandasi oleh
nilai-nilai agaman
BAB 3
PENUTUP
3.1Kesimpulan
Definisi dari Pendidikan Karakter yaitu mengajarkan kebiasaan cara berpikir dan perilaku yang membantu individu untuk hidup dan bekerja sama sebagai keluarga, masyarakat, dan bernegara dan membantu mereka untuk membuat keputusan yang dapat dipertanggungjawabkan. Pendidikan karakter yang berlandaskan pancasila sangat penting bagi bangsa indonesia karena dapat membentengi diri dari berbagai fenomena kehidupan yang negatif. Hal tersebut ditunjukan karena pendidikan karakter mengajarkan kebiasaan cara berpikir dan perilaku yang membantu individu untuk hidup dan bekerja sama sebagai keluarga, masyarakat, dan bernegara dan membantu mereka untuk membuat keputusan yang dapat dipertanggungjawabkan.
Definisi dari Pendidikan Karakter yaitu mengajarkan kebiasaan cara berpikir dan perilaku yang membantu individu untuk hidup dan bekerja sama sebagai keluarga, masyarakat, dan bernegara dan membantu mereka untuk membuat keputusan yang dapat dipertanggungjawabkan. Pendidikan karakter yang berlandaskan pancasila sangat penting bagi bangsa indonesia karena dapat membentengi diri dari berbagai fenomena kehidupan yang negatif. Hal tersebut ditunjukan karena pendidikan karakter mengajarkan kebiasaan cara berpikir dan perilaku yang membantu individu untuk hidup dan bekerja sama sebagai keluarga, masyarakat, dan bernegara dan membantu mereka untuk membuat keputusan yang dapat dipertanggungjawabkan.
3.2 Saran
Diharapkan
kepada pembaca bisa mengaplikasikan pendidikan karakter yang berlandaskan
pancasila. Bisa memahami pancasila dari segi pendidikan yang ada di negara
kita.
DAFTAR PUSTAKA
Undang-undang No 20 Tahun.2003.sistem Pendidikan
Nasional.Jakarta:Depdiknas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar